Friday, February 25, 2011

Semburan Lumpur Panas Muncul Di Tolitoli, Sulawesi Tengah

ImageDitemukan beberapa titik semburan lumpur panas yang mirip dengan semburan lumpur Sidoarjo. Semburan lumpur panas yang menimbulkan bau belerang cukup menyengat ini terletak di perbatasan Desa Malala dan Desa Tinabogang, Kecamatan Dondo, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah.


Uyo, salah seorang tokoh masyarakat di Malala yang dihubungi dari Palu, Selasa (22/2/2011), mengatakan, saat ini titik semburan tersebar di beberapa tempat, terutama di sekitar sungai, bahkan ada yang di dalam sungai.


“Tapi hanya satu yang besar. Diameternya cukup luas, seperti drum begitu,” kata Uyo.


Awalnya, pusat semburan tersebut hanya kecil, tetapi lama-lama membesar hingga mencapai diameter seukuran satu drum.


Titik semburan lumpur tersebut terletak sekitar dua kilometer dari jalan raya yang menghubungkan Tolitoli dengan Kota Palu, ibu kota Provinsi Sulteng.


Semburan lumpur itu cukup panas sehingga jarak empat meter hingga lima meter dari titik lumpur terasa panas dan membuat orang berkeringat.


Tumbuh-tumbuhan di sekitar pusat semburan juga mulai menguning. “Telur ayam yang dimasukkan di air itu hanya tiga menit sudah masak,” katanya.


Dia mengatakan, semburan lumpur tersebut diketahui muncul sekitar lima hari lalu. Saat ini masyarakat berbondong-bondong ke lokasi semburan untuk menyaksikan dari dekat lumpur tersebut. Sejauh ini belum diperoleh keterangan resmi dari pemerintah daerah setempat.

No comments:

Post a Comment