Monday, February 14, 2011

Kehebatan Gunung Berapi

Paling tidak, di dunia ini ada sekitar 1.500 gunung aktif dan sebagian besar terus erupsi secara periodik setiap tahun. Gunung Berapi adalah fenomena alam yang mengagumkan sekaligus mengerikan. Dan berikut ini fakta - fakta tentang kehebatan gunung berapi yang juga mudah di temui.

Batu apung gunung berapi
Batu apung gunung berapi adalah satu - satunya batu yang dapat mengapung di air. Batu ini biasanya berwarna abu - abu serta penuh dengan lubang gelembung udara yang dibentuk oleh gas panas yang keluar sangat cepat dari batu tersebut ketika dingin.

Letusan gunung berapi yang besar ( supervolcanic eruption ) merusak bumi
Letusan gunung berapi yang besar dapat menyebabkan perubahan iklim bumi. Menurunnya suhu global disebabkan berton - ton abu yang dilepaskan gunung berapi ke dalam atmosfer bumi. Peristiwa ini hanya terjadi beberapa kali selama ratusan tahun. Dan yang paling besar terjadi di Taman Nasional Yellowstone.

Gunung berapi yang masih aktif paling banyak terdapat di Indonesia
Erupsi gunung berapi yang terbesar yang pernah diteliti adalah di Gunung Tambora, Pulau Sumbawa. Letusan Gunung Tambora yang terjadi pada 1815 menewaskan sekitar 100.000 jiwa. Menurut Geological Survey A.S, Indonesia mempunyai jumlah gunung api masih aktif terbanyak di dunia.

Iceland adalah persemaian untuk gunung berapi
Iceland, yang terkenal sebagai tanah api dan es, berada di atas puncak gunung. Erupsi terakhir Gunung Eyjafjallajokull terjadi pada April 2010 dapat disejajarkan dengan kehebatan erupsi Gunung Skaptar pada 1783.

Erupsi Gunung Pinatubo dapat membuat suhu di bumi dingin.
Erupsi Gunung Pinatubo, Filipina yang terjadi pada tahun 1991 adalah peristiwa buruk. Menurut USGS, gunung ini menyebarkan 22 juta ton sulfurdioksida yang kemudian menyebar di sekeliling bumi dan membuat temperatur global turun sedikitnya 0,5 derajat Celsius.

Gunung berapi dapat membesar
Gunung - gunung berapi dapat tumbuh membesar. Ketika lava dan abu vulkanik terakumulasi, keduanya akan menambah lapisan permukaan dan menambah tinggi permukaan gunung berapi.

Beberapa gunung berapi juga “mati”
Gunung - gunung berapi dapat menjadi padam atau tidak aktif lagi. Ketika para ilmuwan memperkirakan sebuah gunung berapi tidak erupsi lagi, mereka menganggap gunung ini sudah padam. Gunung berapi yang saat ini tidak aktif namun masih akan erupsi lagi dianggap tidur.

Erupsi gunung berapi dapat menciptakan mangkuk ( kubah lava ) yang sangat besar.
Tekanan beberapa erupsi gunung berapi dapat menyebabkan kubah lava runtuh, menjadi besar, membentuk kawah yang seperti mangkuk, yang disebut caldera.

Gunung berapi yang melahirkan Hawaii
Gunung berapi terbesar di bumi adalah Mauna Loa, Hawaii. Salah satu dari lima gunung berapi di Hawaii, yang mencapai ketinggian 13.000 kaki di atas permukaan laut. Pulau Hawaii sendiri sesungguhnya diciptakan oleh gunung berapi itu.

Gunung berapi dapat membuat sunset lebih indah
Gunung berapi dapat membuat matahari terbenam ( sunset ) menjadi lebih indah. Fenomena visual yang tidak biasanya ini muncul dari partikel abu vulkanik yang halus dan runcing di dalam atmosfer yang menyebarkan sinar matahari.

No comments:

Post a Comment