Friday, February 25, 2011

Gustave, Buaya Pemangsa Manusia di Sungai Nil

Sebuah negara di Afrika, Burundi terdapat seekor buaya yang sangat ganas sekali, Buaya tersebut sering memakan manusia. Keganasan buaya ini didukung oleh ukurannya yang begitu besar, panjangnya 6 meter dan bobotnya sekitar 1 ton.


Buaya ini tepatnya tinggal di Sungai Nil, dia merupakan buaya terbesar yang pernah ada di dunia. Menurut penduduk di sekitar sungai Nil, Buaya tersebut telah membunuh lebih dari 300 orang. Hal ini juga disampaikan oeh seorang peneliti bernama Patrice Faye dari Perancis yang menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menangkap buaya ini.


Tapi menurut Patrice buaya Gustave bukan buaya terbesar di Sungai Nil masih ada buaya yang lebih besar. Di Asia dan Australia buaya dengan panjang 6 meter sudah sangat lumrah. Guinness Book sendiri pernah mencatat buaya terbesar berada di Timur India dengan panjang 7 meter.


Menurut penduduk setempat Gustave membunuh bukan hanya untuk mencari makan, tapi untuk bersenang-senang. Setelah buaya ini membunuh orang selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun dia menghilang begitu saja lalu muncul kembali dan membunuh lagi. Buaya ganas ini menurut National Geographic terakhir terlihat pada Februari 2008.


Buaya Gustave sangat berbeda dengan buaya lain, karena dia mampu membunuh Kuda nil jantan yang banyak di hindari oleh buaya. Tak hanya itu seluruh badannya terdapat banyak luka akibat pisau, tombak maupun senjata api.


Banyak usaha untuk menangkap buaya Gustave tapi selalu gagal, dia seakan-akan tahu apa yang menimpanya jika ia mendatangi jebakan tersebut. Dia hanya berenang mengelilingi jebakan tersebut.


Walaupun begitu Patrice tidak putus asa dia berusaha untuk menangkap buaya itu kembali. Pemerintah Burundi sendiri kini telah menyediakan kurungan besar untuk menampung buaya ini jika nanti tertangkap.

No comments:

Post a Comment